Rabu, 11 April 2018

Jambu jamaika lautan bibit


Jambu jamaika lautan bibit

Image result for jambu jamaika


Anda salah satu penikmat rujak buah? jika iya, maka pastinya anda tahu dengan buah jambu air satu ini karena biasanya buah jambu ini biasa dipake sebagai campuran rujak, coba tebak buah jambu apa ya.?. Yups tepat sekali, inilah JAMBU AIR BOL JAMAIKA. Buah jambu bol jamaika ini menawarkan sensasi rasa manis menyegarkan denga daging yang super lembut saat disantap. Buah jambu bol jamaika mempunyai keunikan dengan buahnya yang berbentuk bulat lonjong, buah jambu bol jamaika berwarna merah solid. Selain itu, Daging buah jambu bol jamaika ini juga terkenal akan kelembutannya, Buah jambu bol jamaika memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Buah jambu bol jamaika juga memiliki aroma yang harum. Untuk soal rasa?. mantab dech. Buah jambu bol jamaika mempunyai rasa yang manis,asam menyegarkan dengan kandungan air yang cukup tinggi. Perpaduan antara warna merah yang solid dengan kelembutan dagingnya, membuat siapa saja gak kan tahan untuk mencicipinya.
Buah jambu bol jamaika biasanya sering disajikan sebagai buah meja, umumnya dinikmati dalam keadaan segar. Rasanya ada yang manis, ada yang asam menjadi daya tarik tersendiri. Saat anda menikmati buah jambu bol jamaika, saat gigitan pertama anda akan langsung merasakan sensasi perpaduan rasa manis, asam dengan kelembutan daging bercampur menjadi satu membuat tak ingin berhenti menyantapnya. Selain itu, pemanfaatan buah jambu bol jamaika juga sering digunakan untuk bahan baku pembuatan sirup, dijadikan asinan, sebagai bahan baku minuman kaleng atau sebagai bahan campuran rujak.
Image result for jambu jamaika

Tanaman buah pemilik nama ilmiah Syzygium malaccense ini merupakan salah satu yang buah jambu unggulan yang diminati banyak orang karena rasa dan aromanya. Pohon Jambu bol jamaika dapat tumbuh dengan baik di berbagai tempat karena mempunyai daya adaptasi yang sangat besar di lingkungan tropis dari dataran rendah sampai tinggi yang mencapai ketinggian 1.200 m dpl. Adapun jenis tanah yang disukai pohon jambu bol jamaika adalah tanah yang gembur, subur dan mempunyai banyak kandungan bahan organik. Tanah untuk tanaman jambu bol dengan keasaman (pH) antara 5,5-7,5 sangat cocok untuk pertumbuhannya. Tanaman jambu bol dapat tumbuh dengan optimal pada daerah yang memiliki curah hujan 500–3.000 mm/tahun. Pohon Jambu bol jamika juga memerlukan intensitas cahaya matahari sebesar 40-80%, sedangkan suhu ideal yang dibutuhkan untu pertumbuhannya adalah 18–28°C.
Pohon jambu bol jamaika yang berukuran sedang dengan pertumbuhan maksimal mampu mencapai ketinggian hingga sekitar 15 m. Pohon jambu bol jamaika mempunyai batang yang lurus, bercabang rendah dan bertajuk rimbun padat sampai membulat, memberikan naungan yang berat. Daunnya berkategori tunggal yang letaknya berhadap-hadapan. Helaian daunnya lonjong, besar, menjorong, mempunyai tekstur tebal agak kaku seperti jangat. Buah jambu bol jamaika termasuk buah buni yang berbentuk bulat sampai menjorong, dengan diameter h 5–8 cm, Kulit buahnya berwarna merah tua saat sudah matang. Daging buahnya padat, tebal dan berwarna putih dengan banyak sari buah dan wangi yang khas, Buah jambu bol jamaika mempunyai rasa asam manis sampai manis.
Image result for jambu jamaika
Dalam hal budidaya jambu bol jamaika, perawatan bibit tanaman buah jambu bol jamaika tergolong agak sulit. Untuk perawatannya, sebaiknya lakukan penyiraman dengan air setiap 2 kali sehari, pagi hari dan sore hari. lakukan pemangkasan untuk membentuk tajuk yang ideal, sehingga tanaman Jambu bol Jamaika bisa tumbuh dengan baik dan rimbun. lakukan juga pemupukan secara teratur untuk memastikan bibit buah jambu bol jamaika memperoleh asupan nutrisi yang baik. pemupukan dilakukan sesuai dengan takaran dan umur tanaman. Agar bibit buah jambu bol jamaika cepat berbuah. Lakukan Stres Air, langkah ini bertujuan untuk memicu tanaman berbunga. Caranya tunggu sampai tanaman jambu jamaika tidak memiliki pupus daun muda. Kemudian tanaman jambu jamaika tidak disiram selama 2-3 hari. Setelah terlihat layu, tanaman disiram air sebanyak-banyaknya. Jika bunga tidak muncul juga, pengeringan bisa dilakukan lagi.
Dengan perawatan yang baik, jambu jamaika dapat mulai berbuah pada umur 6-7 tahun sejak penanaman (hasil okulasi dan cangkok). Pohon jambu bol jamaika dapat memproduksi rata-rata 80-90 kg/pohon/tahun. Tanaman buah Jambu jamaika mampu berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim, sedangkan produksi maksimal dihasilkan pada saat pohon jambu bol jamaika berumur 10 tahun dengan produksi mencapai di atas 200 kg/pohon/tahun.
Informasi Bibit Tanaman Buah Jambu Jamaika :
  • Nama : Jambu Air Bol Jamaika
  • Nama Ilmiah : Syzygium malaccense
  • Asal Daerah : Asia Tenggara
  • Asal Bibit : Hasil Okulasi
  • Ukuran bibit saat ini 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi Dataran : dataran rendah sampai dataran tinggi ( 0-1200 mdpl)
  • Kondisi tempat tumbuh : Iklim Tropis / Suhu udara optimal berkisar antara 22- 32 °C
  • Jenis tanah yang ideal : Tanah Latosol, berdrainase baik
  • Masa Berbuah : Kira – kira 5-6 tahun
  • buah dapat dikonsumsi dengan cara : dimakan langsung dalam kondisi segar
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah
Jika dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot) :
  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 cm ( ukuran besar)
  • Intensitas penyiraman : 1-2 kali dalam sehari
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • llustrasi tinggi tanamn ketika tumbuh besar : 15 meter atau dapat dibuat pendek dengan cara pemangkasan secara rutin.
  • Tips pemberian pupuk : Dilakukan 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK daun atau sejenisnya.
  • Ada satu trik unik cepat dan mudah untuk membuahkan tanaman jambu bol jamaika yakni dengan memberikan larutan pupuk ikan tuna, caranya dengan menyemprotkan ke bagian belakang daun pada saat pagi hari. Penyemprotan di lakukan setiap 2 minggu sekali apalagi saat muncul bakal bunga hingga panen karena pada saat ini tanaman membutuhkan lebih banyak nutrisi. Larutan ikan tuna diyakini mengandung cukup banyak unsur fosfor yang dapat merangsang pembungaan. Selain itu, agar buahnya bertambah manis dan mencegah rontok buah dapat mencampurkan pupuk yang mengandung larutan ikan tuna tadi dengan pupuk kalium nitrat dan dolomit. Teknik ini dapat di lakukan pada saat musim penghujan yang kebanyakan karena kelebihan kadar air buah jambu jamaika menjadi kurang manis rasanya.Bagaimana Tertarik Mengoleksi buah jambu bol jamaika di halaman rumah anda?. Tunggu Apalagi, 
  • Untuk Informasi harga & pemesanan,
    Silahkan hubungi kami :


    Lautan Bibit
    TELP / SMS : 085729530093


    WhatsApp    : 085729530093

Tidak ada komentar:

Posting Komentar